Profil Syahrial Alamsyah (Abu Rara) Penusuk Wiranto

Syahrial Alamsyah alias Abu Rara, adalah pria penusuk Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Wiranto dan rombongan tiba di Alun-alun Menes. Wiranto kemudian keluar dari mobil dan hendak menyalami warga. Namun tiba-tiba, seseorang yang kemudian diidentifikasi bernama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara menusuk Wiranto. Serangan itu membuat Wiranto terjatuh. Selain Wiranto, Kapolsek Menes Kompol Daryanto ikut terluka. Dia diserang oleh FA, istri penusuk Wiranto. Fitria berpura-pura bersalaman, lalu melakukan penyerangan.

Korban ada 4 orang. Satu, Bapak Wiranto. Kedua, Kapolsek Menes Kompol Daryanto. Tiga, tokoh ulama yang di Pandeglang ini dan Empat, ajudan Bapak Danrem. Wiranto lalu dilarikan ke RSUD Pandeglang untuk penanganan awal. Setelah itu, Wiranto diterbangkan ke RSPAD Jakarta. Wiranto menjalani operasi gara-gara luka tusuk di perut tersebut.

Profil

Syahrial Alamsyah (Abu Rara)

Medan

Abu Rara tinggal di Kota Medan, Sumatera Utara. Berdasarkan kartu keluarga yang tersimpan di rumah Usep, kediaman Abu Rara di Jalan Alfaka VI, No. 104. LK V, Tanjung Mulia Ilir, Kota Medan. Namun sejak 2016, dia diketahui pindah karena rumahnya terkena proyek tol. Abu Rara hijrah ke Kediri. Setelah itu, dia pindah lagi ke wilayah Bogor, Jawa Barat, sebelum akhirnya ke Kampung Sawah, Menes, Pandeglang, Banten.

Banten

Menurut pemilik kontrakan Yusep Sugiharto tempat Abu Rara mengontrak rumah, Abu Rara masuk ke wilayah Menes sejak Februari 2019. Abu Rara disebutnya diajak oleh seorang pria bernama Syamsuddin. Syamsuddin sebelumnya juga sudah menyewa salah satu kontrakan milik Yusep. kontrakan yang dihuni Abu Rara beralamat di Kampung Sawah RT 02 RW 01, Desa Menes, Kecamatan Menes.

Syahrial Alamsyah alias Abu Rara yang dikenal tertutup dan pendiam, disebut pernah menjadi pengguna narkoba. Abu Rara juga disebut pernah mendekam di sel. Pria yang akrab disapa Pal Alias Alam itu, menurut temannya, terjerat narkoba setelah bercerai dengan istri pertamanya. Teman juga menyebut Abu Rara kerap mabuk-mabukan setelah pernikahannya yang berusia tiga bulan kandas.

Pernikahan

Fitri merupakan istri kedua Abu Rara. Keduanya menikah di Bekasi dan kemudian tinggal bersama di Menes. Sebelum menikahi Fitri, Abu Rara sempat menikah dengan Qadriya Rayyan Nisa dan memiliki dua anak. Namun akhirnya keduanya bercerai. Setelah cerai membawa anaknya yang paling tua. Sedangkan istri pertamanya membawa anak yang kecil.

Anggota JAD Bekasi

Kepala BIN Budi Gunawan menyebut Abu Rara merupakan anggota JAD Bekasi. Abu Rara sebelumnya bergabung dalam JAD Kediri. Polri membeberkan dugaan alasan SA alias Abu Rara menusuk Menko Polhukam Wiranto. Dari detik.com, Polri mengatak , Wiranto ditusuk karena posisi Menko Polhukam membawahi Polisi dalam memberantas teroris. “Pak Wiranto kan Menko Polhukam membawahi Polri dalam melakukan penegakan hukum terhadap kelompok-kelompok terorisme,” kata Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Dedi Prasetyo, Kamis (10/10).

JAD

JAD diduga merupakan kelompok antek ISIS di Indonesia. JAD terbentuk atas inisiatif Aman Abdurrahman di Nusakambangan. Sebagaimana dikutip dari laman resmi Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS), JAD dinyatakan sebagai bagian dari jaringan teroris global lewat Perintah Eksekutif (E.O.) 13224.

Kondisi Wiranto

Dikutip dari detik.com, Wiranto telah selesai menjalani operasi setelah ditusuk teroris di Banten. Sejak malam kemarin, Wiranto sudah keluar dari ruang operasi dan masuk ruang ICU.

“Alhamdulillah proses operasi berjalan dengan baik, dan Pak Wiranto sudah keluar dari ruang operasi dan beliau sekarang menempati ruang untuk ICU untuk distabilkan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Leave a Reply