Profil Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP)

Edhy Prabowo, S.E., M.M., M.B.A. adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia yang ke-7. Saat ini ia dipercaya bergabung di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Edhy Prabowo telah dilantik oleh Presiden Jokowi tanggal 23 Oktober 2019. Ia menggantikan Menteri KKP sebelumnya yaitu Susi Pudjiastuti.

Biografi Edhy Prabowo

edhy prabowo

edhy prabowo

Edhy Prabowo lahir di Muara Enim, Sumatra Selatan, 24 Desember 1972. Saat ini berusia 46 tahun. Ketika pensiun dari militer prabowo sempat merasakan hidup tanpa pengawal dan ajudan, sehingga harus melalukan apa-apa sendiri. Contohnya ketika harus bepergian ke berbagai negara tentunya harus check in tiket pesawat sendiri, setrika baju, nyetir dan melakukan apapun sendiri. Setelah beberapa waktu barulah ia didampingi oleh Edhy Prabowo, Prabowo biasa memanggilnya Bang Edhy.

Edhy ikut mendampingi prabowo selama hidup di Jordania, dari mulai cuci baju, menyiapkan makan sampai menjadi tukang pijit prabowo ia lakukan. Edhy juga terkenal di kalangan Gerindra, beliau banyak menyekolahkan anak-anak putus sekolah dan mengirimkan anak-anak berprestasi hingga ke bangku kuliah.

Kisah sukses pencak silat yang pada tempo lalu membawa medali emas terbanyak dalam ajang Asean Games juga tidak lepas dari peran Edhy, ia disebut “The Man Behind The Gun”. Edhy adalah Sekretaris Pribadi sekaligus bertugas sebagai Ajudan pertama pak Prabowo Subianto setelah pensiun dari militer. Edhy adalah putra asli keturunan Muara Enim, Sumatera Selatan.

Pada tahun 1991, Edhy diterima sebagai anggota AKABRI di Magelang, Jawa Tengah. Edhy adalah mantan atlet silat nasional. Edhy pernah berjaya di event Pekan Olah Raga Nasional (PON) dan beberapa kejuaraan lainnya tingkat mancanegara.

Edhy Prabowo dikenal kedekatan temannya dengan Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang pada saat itu berpangkat Letkol dan menjadi pejabat Dangrup II TNI AD.

Edhy memulai karier politiknya di 2005 dengan aktif berorganisasi di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan menjabat sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan HKTI. Pada tahun 2007, Edhy kemudian mendirikan perusahaan jasa keamaanan, PT Garuda Security Nusantara dan menjabat menjadi Presiden Direktur dan menjadi Komisaris di PT Kiani Lestari Jakarta, perusahaan kertas milik Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto.

periode DPR RI berjalan, Wajah Edhy Prabowo selalu menghiasi dunia perpolitikan Senayan, dalam periode 2014 – 2019 ia menjadi Ketua Komisi IV yang membidangi pertanian. Kadang kalau datang ke Hambalang Edhy dipanggil oleh Bapak “Ed kamu pijit saya dulu” lalu Edhy jawab “pak saya kan sudah ketua komisi”.

Edhy Prabowo terpilih kembali menjadi Anggota DPR-RI periode 2014-2019 dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Dapil Sumatra Selatan I setelah memperoleh 75.186 suara. Pada periode 2009-2014, Edhy bertugas di Komisi VI DPR-RI yang membidangi perdagangan, perindustrian, koperasi dan bumn. Di 2014-2019, Edhy bertugas menjabat sebagai Ketua Komisi IV DPR-RI yang membidangi pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan pangan.

Saat ini Edhy bertugas sebagai Ketua Fraksi DPR RI Fraksi Gerindra, banyak juga yang menentang posisinya kala itu “Siapa Edhy Prabowo? Dia hanya tukang pijitnya pak Prabowo” mendengar cerita itu justru ia bangga dan gagah mengatakan “Iya saya memang tukang pijitnya pak Prabowo”

Mendengar hal itu pak Prabowo juga mengatakan “memang kenapa? Saya juga dulu tukang pijitnya Gusdur”.

Edhy Prabowo kemarin bersama Prabowo sudah ke Istana. Edhy Prabowo menjadi Menteri KKP, sedangkan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan.

Leave a Reply